Membutuhkan supplier kain batik terbaik? Pesan Sekarang!

Cara Praktis Teleportasi di Minecraft Bedrock ataupun Java

2 cara paling mudah untuk melakukan teleportasi di Minecraft Bedrock ataupun Minecraft Java.
cara_teleportasi_di_minecraft
© CisabiPedia | Cara Teleport di Minecraft

Teleportasi di game Minecraft dapat memudahkan para survivor untuk bepergian dari tempat satu ke tempat yang lainya dengan sangat cepat.

Contohnya adalah ketika kalian sedang mencari material yang berada jauh dari posisi base kemudian sadar bahwa kalian ketinggalan sesuatu, maka fitur teleportasi adalah hal yang akan sangat membantu karena dapat memudahkan kalian untuk berpindah tempat secara instan.

Tanpa fitur teleportasi mungkin saja kalian akan memakan banyak waktu untuk sekedar mengambil barang yang tertinggal.

Bahkan tidak sedikit player yang ujungnya malah tersesat jauh daripada sampai ketujuannya.

Untuk melakukan teleportasi sebenarnya sangat mudah, dan caranya juga sangat simple karena Minecraft sendiri sudah menambahkan fitur ini apabila kalian mengaktifkan cheat untuk pengaturan world yang sedang kalian mainkan.

Untuk mengaktifkan cheat pada world, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pergi ke pengaturan
  • Klik menu game
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi cheat
  • Kemudian centang aktifkan cheat

Atau lihat pada gambar di bawah ini :

aktif_cheat
© CisabiPedia | Aktifkan Cheat

Indikasi agar dapat melakukan teleportasi di Minecraft adalah harus ada player yang berada pada posisi yang diinginkan apabila kalian ingin melakukan teleportasi instan di Minecraft.

Caranya sebagai berikut :

  1. Klik menu pesan
  2. Klik icon /
  3. Pilih teleport
  4. Kemudian tentukan player yang akan diteleportasikan kepada player tujuan

Catatan : agar bisa melakukan hal seperti di atas kalian harus menjadi seorang operator di world yang sedang dimainkan

Jika tidak ada player pada posisi yang ingin di kunjungi, kalian harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa hal dan mengikuti tutorial ini sampai tuntas.

Cara Teleportasi di Minecraft

Melakukan teleportasi tanpa adanya player pada posisi yang diinginkan akan sedikit memakan waktu, kalian harus menuliskan kode perintah pada menu pesan dengan kode / sebagai perintah awal.

Sebelum memasuki tutorial lebih lanjut, alangkah baiknya kalian mengaktifkan cheat terlebih dahulu dengan cara seperti yang saya sebutkan pada paragraf awal.

Karena menuliskan perintah / hanya bisa di lakulan jika perizinan cheat untuk world sudah aktif.

Related Posts

Aktifkan Kordinat

Sebelum world dapat dibuat, terdapat banyak sekali fitur yang akan sangat berguna untuk kelangsungan gameplay ketika akan dimainkan nanti.

Salah satunya adalah kordinat, fitur ini mampu menunjukan lokasi keberadaan kalian dimanapun kalian berada seperti pada gambar di bawah ini :

kordinat_minecraft
© CisabiPedia | Kordinat Minecraft

Selalu aktifkan kordinat untuk mengetahui posisi kalian dengan cara sebagai berikut :

  • Buka setelan world
  • Klik menu game
  • Cari 'pengaturan dunia'
  • Lalu centang aktifkan kordinat

Atau ikuti panduan pada gambar berikut :

show_cordinate
© CisabiPedia | Tampilkan Kordinat

Jika sudah diaktifkan alangkah baiknya menghafal ataupun mencatat kordinat yang penting seperti lokasi base, lokasi zombie spawner, lokasi mining, dan lokasi lainya yang sekiranya dianggap penting oleh kalian sendiri.

Kunci dari teleportasi tanpa adanya player pada tempat yang ingin dituju adalah kordinat. Selalu catat kordinat yang dirasa cukup penting

Tulis Kode Perintah di Menu Pesan

Langkah terakhir untuk melakukan teleportasi adalah menuliskan kode perintah untuk melakukan teleportasi di menu pesan.

Seperti yang saya katakan di atas, kunci utamanya adalah kode / (garis miring). Lebih jelasnya silahkan ikuti contoh berikut :

/tp @s to xx yy zz

Dengan menuliskan kode perintah diatas, kalian sudah berhasil berteleportasi ke tempat yang diinginkan.

Kode @s akan mengeksekusi perintah untuk diri sendiri, artinya hanya player yang menuliskan perintah tersebut saja yang akan diteleportasikan.

Jika kalian ingin menteleportasikan player lain, maka ubah kode @s menjadi @namaplayer pada perintah tersebut.

Sebagai contoh nickname Minecraft teman saya adalah naranta, jika saya ingin menteleportasikan dia maka kodenya berubah menjadi seperti berikut :

/tp @naranta to xx yy zz

Cara di atas adalah cara yang paling mudah untuk berteleportasi di Minecraft dengan mengandalkan perintah pada menu pesan.

Namun, kalian juga bisa melakukan teleportasi ke tempat-tempat yang sudah ditentukan dengan satu kali klik.

Misalkan ketika kalian sedang berada di base, kalian bisa melakukan teleportasi langsung ke cave untuk mencari material atau berteleportasi langsung ke hutan untuk mencari kayu-kayu dan bahan makanan.

Dengan hanya satu tombol kalian bisa melakukan semua itu, dan menurut saya pribadi melakukan teleportasi dengan cara seperti ini akan jauh lebih mudah karena hanya tinggal menekan tombol yang sudah di atur saja.

Caranya yaitu dengan set up perintah menggunakan Command Block.


Teleportasi di Minecraft Menggunakan Command Block

Melakukan teleportasi dengan satu kali klik adalah hal yang sangat mudah dan lebih menghemat waktu dibandingkan dengan menggunakan fitur bawaan dari Minecraftnya sendiri yang di mana kalian harus menuliskan perintah terlebih dahulu atau memilih player yang sedang berada di lokasi yang ingin di tuju.

Bayangkan saja jika kalian tengah di kejar oleh berbagai mob saat sedang mencari diamond di cave, mungkin akan sangat repot bukan jika harus menuliskan perintah teleportasi terlebih dahulu?

Saya sangat menyarankan kalian untuk melakukan teleportasi di Minecraft dengan menggunakan Command Block karena hanya satu klik saja meskipun untuk mengatur Command Block sendiri akan sedikit rumit dan memakan waktu.

Tapi itu tidak seberapa karena dengan mengatur satu kali saja kalian bisa melakukan teleportasi hanya dengan klik tombol selamanya.

Untuk caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Aktifkan Cheat di Pengaturan Minecraft

Karena Command Block di Minecraft tidak bisa di craft oleh material apapun, satu-satunya cara untuk mendapatkan benda tersebut adalah dengan menggunakan perintah /give.

Dan untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mengaktifkan cheat pada world yang sedang kalian mainkan.

Untuk mengaktifkannya silahkan ikuti langkah-langkah pada paragraf awal artikel ini.

Buat Perintah di Menu Pesan

Membuat atau menuliskan perintah /give di menu pesan adalah untuk mendapatkan Command Block yang nantinya akan diatur untuk berteleportasi ke tempat tertentu sesuai dengan perintah.

Silahkan kalian tuliskan perintah berikut pada Minecraft Bedrock :

/give @s command_block

Setelah itu, Command Block akan masuk ke inventory player, silahkan check terlebih dahulu. Jika kalian tidak mendapati Command Block pada inventory karakter, ulangi kembali perintah di atas.

Sangat penting untuk mengosongkan setidaknya satu slot inventory pada karakter

Untuk Minecraft Java, silahkan tuliskan perintah berikut :

/give [username] minecraft:command_block

Kebanyakan player Minecraft menggunakan perintah @p, perintah tersebut berguna untuk mengaktifkan perintah yang di tulis kepada player terdekat dengan player yang sedang menuslikan perintah.

Contohnya adalah ketika saya sedang menuliskan perintah /give dengan keadaan sedang berdekatan dengan karakter yang teman saya mainkan, maka hasil dari perintah /give juga akan masuk kedalam inventory dia juga.

Simplenya, perintah /give akan memiliki efek kepada player yang sedang berdekatan.

Maka dari itu lebih baik menggunakan perintah @s karena perintah @s mengeksekusi perintah hanya kepada player yang sedang menuliskan perintah saja.

Buat Perintah di Command Block

Setelah kalian mendapatkan Command Block, langkah selanjutnya adalah meletakan benda tersebut di tempat yang kalian inginkan.

Sebaiknya kalian buat tempat khusus terlebih dahulu yang mirip dengan stasiun. Hal ini akan sangat berguna untuk menavigas para player agar mereka mengerti fungsi dari stasiun tersebut.

Buat juga stasiun lain di tempat tujuan teleportasi, tidak ada hal khusus mengenai pembuatan stasiun ini, tapi hal ini akan jauh lebih menarik dan rapi untuk di lihat.

Sebelum memulai menuliskan kode ke dalam Command Block, letakan terlebih dahulu tombol di bagian depan Command Block dengan cara jongkok terlebih dahulu kemudian letakan tombol yang telah di buat.

Tombol bisa kalian buat menggunakan material apa saja, batu, kayu, besi, semua sama saja

Atur semua pengaturan Command Block menjadi seperti berikut :

  • Block type menjadi Impluse
  • Condition menjadi Unconditional
  • Redstone menjadi Need Redstone

Selanjutnya silahkan kalian masukan perintah berikut ke dalam Command Block Minecraft Bedrock yang telah kalian letakan :

/tp @s to xx yy zz

Untuk Minecraft Java, masukan perintah di bawah ke dalam Command Block :

execute as @p at @s run tp xx yy zz

Terakhir cobalah untuk melakukan tes apakah Command Block berhasil ke lokasi tujuan atau tidak.

Jika perintah pada Minecraft Bedrock tidak berfungsi, cobalah ganti perintah @s menjadi @p. Lalu coba untuk tes kembali.

Catatan : Setelah saya melakukan tes ulang pada perintah untuk Command Block Minecraft Bedrock, ternyata agar bisa meletakan Command Block di atas block harus pada mode creative terlebih dahulu. Ubah terlebih dahulu mode game kalian menjadi mode creative

About the Author

Penulis Blog sejak 2015.
Join the conversation
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.