Membutuhkan supplier kain batik terbaik? Pesan Sekarang!

Ingin Memulai Bisnis Kain Batik? Begini Caranya

Bisnis kain batik adalah bisnis yang sangat menjanjikan karena pasarnya yang sudah tersedia dan luas serta sudah banyak di kenal olah khalayak ramai.
bisnis_kain_batik
© CisabiPedia | Bisnis Kain Batik

Sebelum kalian memulai bisnis di bidang kain batik, kalian perlu memahami dulu jenis-jenis kain batik yang memungkinkan memiliki peluang besar untuk dijual di era yang serba teknologi ini.

Pertimbangkan juga apakah kain batik untuk saat ini masih relavan untuk dijual? Atau bahkan kain batik sudah tidak dilirik oleh para kawula muda?

Sejujurnya banyak sekali kalangan anak muda yang masih mencintai dan bangga akan tradisi di tanah air dan salah satunya adalah terhadap kain batik.

Di era sekarang, batik sudah berevolusi menjadi lebih relavan dengan target pasarnya, motif-motif yang baru menjadi daya tarik tersendiri bagi batik di tanah air.

Memulai bisnis di bidang kain batik adalah keputusan yang baik untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Bagaimana tidak? Branding batik sendiri dibantu oleh mereka yang sadar akan budaya seperti para pejabat yang mengenakannya di pertemuan Internasional serta para influencer yang mulai mengenalkan batik kepada dunia.

Tidak sedikit pejabat negara lain yang sudah mengenakan pakaian dengan bahan dasar batik.

Jika kalian tahu, bisnis kain di dunia tidak akan pernah padam. Faktanya dimulai dari abad pertengahan, orang yang menjadi pembisnis kain adalah mereka yang mengendalikan perekonomian negara ataupun suatu kultus.

Apalagi untuk daerah timur tengah, bisnis kain adalah jalan pintas untuk menjadi seorang saudagar kaya.

Begitu juga dengan kain batik, khususnya di tanah air. Sejak zaman dulu permintaan pengadaan kain batik tidak pernah padam.

Selain untuk penggunaan pribadi seperti untuk acara-acara formal, pembisnis kain batik sering kali kebanjiran order dari instansi pemerintah setiap tahunnya.

Apalagi saat artikel ini dibuat, Indonesia sedang memasuki masa pemilihan umum yang artinya para pembisnis kain batik memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan.

Tips Memulai Bisnis Kain Batik

Hal pertama yang perlu kalian lakukan sebelum memulai untuk terjun di dunia bisnis kain batik adalah mencari supplier kain batik yang mampu memenuhi permintaan pasar.

Di Indonesia banyak sekali supplier kain batik yang dapat diandalkan, namun mereka tentu saja menjual kain batik dengan motif andalannya sendiri.

Artinya setiap supplier tentu saja menyediakan motif yang berbeda dengan supplier lainnya.

Secara garis besar batik dibedakan menjadi 3 yaitu :

  • Batik tulis
  • Batik cap
  • Batik print

Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing.

Jika kalian ingin memulai bisnis kain batik yang lahir dari sang maestro maka batik tulis adalah jawabannya karena batik tulis sendiri dibuat dengan cara tradisional dan mempertahankan nilai-nilai budaya yang tinggi.

Hal ini menjadikan kain batik tulis memiliki harga yang istimewa untuk pasar batik di dunia tergantung kepada siapa yang membuatnya.

Related Posts

Bagaimana dengan batik print?

Pembuatan kain batik sepenuhnya oleh teknologi mesin, dimulai dari pembuatan polosan kain hingga pembuatan motif yang menggunakan digital print.

Kualitas batik print tidak kalah baik dengan batik tulis, mengingat teknologi untuk pembuatannya juga sudah sangat modern dan mampu memenuhi kriteria untuk pembuatan kain batik berkualitas.

Saya sendiri adalah supplier kain batik print di Bandung yang telah menyuplai berbagai macam pengusaha kain batik.

Batik yang saya sediakan adalah batik print dengan contoh motif sebagai berikut :

memulai_bisnis_batik bisnis_kain_batik bisnis_batik bisnis_batik_tangan_pertama

Batik tersebut memiliki bahan kain rata-rata cotton 40s yang sangat sempurna untuk dijadikan sebagai kemeja. Ditambah dengan motif yang unik akan menambah kharisma bagi siapapun yang mengenakannya.

Seluruh kain batik yang saya sediakan tentu saja melalui proses pemilihan yang ketat karena saya sendiri adalah orang yang idealis.

Artinya saya tidak mau menjual barang yang memiliki kualitas rendah dan saya tidak mau menjual sesuatu secara asal-asalan karena hal tersebut akan sangat berdampak buruk bagi keberlangsungan bisnis saya.

Tentu saja saya bersedia menyuplai kain batik bagi siapapun yang ingin memulai bisnis di dunia kain batik, termasuk kalian sendiri.

Selengkapnya kalian bisa hubungi saya melalui form kontak atau akses halaman produk kain batik saya.

Harga yang ditampilkan di halaman produk adalah harga jual peryard untuk personal, saya akan memberikan harga khusus untuk kalian para pembisnis

Modal Usaha Kain Batik

Sudah sangat jelas bahwa untuk memulai bisnis kain khusus nya untuk kain batik, para pembisnis harus mengeluarkan modal yang besar.

Kisaran 15-20 juta untuk memulainya.

Itu akan sangat berat bagi mereka yang baru terjun di dunia bisnis apalagi tidak memiliki modal yang besar.

Terutama bagi mereka yang tidak memiliki pasar sendiri.

Sedikit informasi saja, para mitra saya yang hingga saat ini menjadi mitra setia memulai bisnis kain batik dengan modal yang sangat terjangkau.

Rata-rata dari mereka hanya mengeluarkan modal awal kisaran 1-5 juta saja. Namun saat ini mereka sudah mampu order dengan angka 3 digit karena kain batik yang saya suplai tentu saja memiliki kualitas yang baik sehingga lebih mudah untuk menjualnya.

Saya pribadi bukan orang yang sulit, saya selalu melayani para pembeli meskipun mereka hanya membeli satu yard kain batik.

Karena prinsip saya adalah berdagang. Maksudnya pedagang itu bisa dikatakan sebagai pedagang karena ada yang membelinya jika tidak maka mereka disebut sebagai pengepul atau kolektor.

Saya mampu berbicara seperti ini karena saya adalah pemilik dari bisnis ini sendiri, tidak dikendalikan oleh siapapun sehingga bebas untuk melakukan apa saja.

Dan ini akan menjadi keuntungan bagi mereka yang menjadi mitra utama saya.

Tentu saja dengan begitu para mitra akan jauh lebih leluasa untuk bernegosiasi dengan saya.

Kelebihan Usaha Kain Batik

Mengutip dari bisnis.solopos.com, permintaan kain batik masih berada pada angka yang positif di tahun 2023 karena kain batik sendiri memiliki karakter personal yang membuatnya menjadikan primadona ekspor.

peluang_bisnis_batik
Kutipan Performa Bisnis Batik

Memiliki usaha di bidang kain batik tidak perlu branding produk dari 0 karena di tanah air sendiri siapa yang tidak mengenal batik?

Kain batik juga memiliki pasar tersendiri yang sangat luas dan menetap.

Setelah saya terjun di dunia perbatikan, ternyata banyak sekali orang yang gemar dengan batik. Menurut mereka kain batik adalah sesuatu yang unik dan tidak akan pernah lepas dari nilai-nilai budaya.

Memang betul motif kain batik kian hari kian beragam, evolusi motif batik selaras dengan kreatifitas para pembuatnya.

Namun yang menjadi tetap adalah polanya, pola pada motif kain batik seolah menjadi acuan yang tidak dapat diganggu gugat.

Meskipun metode pembuatannya berbeda, tetap saja kain batik memiliki pola yang unik sebagai ciri khasnya.

Dengan begitu para pembisnis akan jauh lebih mudah untuk menjualnya dimanapun mereka berada.

Sebagai contoh saja saya pernah membuka stand untuk penjualan kain batik di acara festival budaya di Giriharja pada 11 November lalu yang memperingati hari wayang dunia.

Memang ini cukup relavan dengan barang yang saya jual yaitu sama-sama berunsur kebudayaan.

Tapi siapa sangka ternyata 80% pembeli adalah para kawula muda yang sebaya dengan saya yang masih berkepala dua.

Saya meyakini pengalaman setiap orang berbeda-beda termasuk untuk bisnis kain batik, tapi tentu saja mereka yang berani mencoba adalah mereka yang berhasil.

About the Author

Penulis Blog sejak 2015.
Join the conversation
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.