Membutuhkan supplier kain batik terbaik? Pesan Sekarang!

Rekomendasi Game Online yang Seru untuk di Mainkan

Rekomendasi game online gratis yang seru untuk dimainkan dan memiliki ukuran aplikasi yang kecil sehingga sangat responsive untuk berbagai handphone.
rekomendasi_game_online
© CisabiPedia | Rekomendasi Game Online

Saking banyaknya game online gratis yang tersedia di smartphone, kadang kala menjadi bingung untuk mendownload dan memainkan game mana terlebih dahulu.

Akhir-akhir ini saya iseng sering buka Play Store untuk mencari referensi membuat konten bertema game, bukannya menemukan referensi yang bagus malah mendapati banyaknya game baru yang akan dirilis menunggu jadwal perilisannya seperti game Little Nightmares yang akan dirilis diakhir tahun ini.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk merangkum artikel mengenai rekomendasi game online.

Saya menemukan beberapa game yang unik dan berbeda atau lebih dikenal dengan Indie Game. Saya sendiri cukup relax untuk memainkannya apalagi saat gabut melanda.

Deretan Game Online yang Wajib untuk di Mainkan

Ini akan menjadi artikel yang cukup panjang mengingat saya akan mencantumkan banyak sekali deretan game online yang patut untuk dicoba.

List game yang akan saya masukan adalah game yang terdapat di Play Store, artinya saya tidak memastikan game yang masuk kedalam list ini apakah tersedia di App Store atau tidak.

#1 Minecraft

minecraft
SC : redbull.com

Tentu saja saya akan menyarankam game Minecraft terlebih dahulu karena game ini sudah saya mainkan bertahun-tahun lamanya.

Berfikir bahwa Minecraft adalah game untuk anak kecil? Saya juga awalnya berfikir demikian namun saat saya mencoba untuk memahami game ini ternyata saya keliru.

Gameplaynya yang complex dan membutuhkan skill yang mumpuni membuat saya berfikir bahwa target pasar dari game ini adalah remaja keatas.

Namun hal tersebut berlaku hanya untuk mode survival, untuk mode creative tetap berlaku untuk segala umur.

Pada dasarnya gameplay Minecraft itu hanya harus bertahan hidup di dunia yang banyak zombie dan tidak ada seorangpun yang menemani. 

Yap, sesederhana itu.

Namun ketika kalian mencoba untuk bertahan hidup di dunia Minecraft yang seperti itu, kalian akan menemukan betapa rumitnya gameplay dari Minecraft itu sendiri.

Untuk memainkan game ini kalian sebagai player perlu memiliki literasi yang tinggi tentang segala hal yang ada di game yang satu ini.

Salah satu hal yang rumit adalah cara enchant item di Minecraft karena ada beberapa hal yang perlu dilakukan menggunakan item-item dan material-material yang berbeda dan itu semua tidak ada tutorialnya sama sekali didalam gamenya langsung.

Uniknya Minecraft bisa dimainkan dalam mode offline juga sehingga ketika kalian sedang tidak memiliki paket internet, kalian masih memungkinkan untuk melanjutkan petualangan didunia Minecraft.

#2 Last Day on Earth

last day on earth
SC : cisabipedia

Sama halnya seperti Minecraft, game ini menuntun para player untuk bertahan hidup melawan para zombie yang siap menerjang.

Namun bedanya adalah Last Day on Earth mengharuskan para playernya untuk membangun sebuah base yang kuat karena base yang akan kalian bangun memiliki kemungkinan untuk diserang oleh player lain.

Konsepnya tidak berbeda jauh dengan game Clash of Clans.

Related Posts

Overall Last Day on Earth lebih sederhana untuk mendapatkan suatu item ataupun material dibandingkan dengan Minecraft dan item yang diperlukan juga lebih sederhana dan masuk akal seperti :

  • Nails, jika dialih bahasakan menjadi bahasa Indonesia, nails artinya paku. Kegunaanya banyak sekali salah satu contohnya adalah untuk membuat senjata.
  • Bauxite, material mentah yang perlu diolah terlebih dahulu untuk menjadi Aluminium Bar yang berguna untuk membuat perlatan dan item yang lainnya.
  • Iron Bar, semakin tinggi level yang kalian miliki maka akan semakin banyak juga item yang memerlukan Iron Bar sebagai syarat craftingnya.

Kekurangan dari Last Day on Earth adalah setiap perkakas dan senjata yang di craft selalu cepat habis meskipun benda tersebut di craft menggunakan material yang cukup sulit untuk ditemukan sehingga hal ini menjadi tantangan yang cukup sulit.

Namun Last Day on Earth memberikan kesan relax kepada para playernya karena visual yang bagus dan musik yang memberikan kesan tenang.

#3 Stardew Valley

stardew valley
SC : stardewvalley.net

Dengan visual yang bertema pixel, game Stardew Valley mampu memberikan suasana yang tenang dan relax serta sangat seru untuk dimainkan dikala gabut melanda karena gameplaynya yang unik.

Pada dasarnya game ini sama seperti Harvest Moon yang mengharuskan playernya untuk mengelola ladang pertanian yang luas serta mendapatkan keuntungan darinya.

Bedanya Stardew Valley memiliki konten yang beragam, player bisa mengeleminasi beberapa mob yang unik di tempat mining dan mob-mob tersebut akan ngedrop material ataupun item yang berguna untuk membuat suatu item lainnya.

Semakin dalam tempat mining yang kalian kunjungi maka akan semakin beragam juga mob yang dapat kalian temui, dan tentu saja semakin beragam juga item yang didrop oleh mob yang telah kalian eliminasi.

Uniknya jika kalian bermain diperangkat desktop atau PC, kalian bisa bermain secara multiplayer dengan teman dan memulai untuk membangun ladang pertanian secara bersamaan.

Jika ditelaah lebih jauh, Stardew Valley bisa dikatakan game yang berisikan kombinasi antara Harvest Moon dan Last Day on Earth.

Untuk Harvest Moon sendiri lebih family friendly karena tidak ada unsur "baku hantam", sedangkan LDOE game yang dikatakan "rusuh parah" karena "baku hantam" yang terjadi cukup "mengerikan".

Dan Stardew Valley adalah kombinasi dari kedua gameplay tersebut, namun game ini tidak begitu seru saat "baku hantam" berlangsung.

Hal yang paling saya sukai dari game ini yaitu banyak sekali item yang bisa kalian craft yang akan sangat berguna untuk membantu proses pengolahan lahan pertanian yang sedang kalian kelola.

#4 eFootball™

efootball
SC : konami.com

Saya sangat merekomendasikan game yang satu ini untuk kalian yang gemar dengan dunia sepak bola.

eFootball™ adalah game sepakbola terlaris di playstore dengan total unduhan lebih dari 100 juta unduhan.

Selain dari mengatur strategi posisi dan para pemain, kalian sebagai player bisa bermain eFootball™ dengan mode vs player alias melawan player lain yang nantinya akan diklasifikasikan sebagai divisi.

Konsep divisi di game ini sama persis dengan rank, semakin kecil nomor divisi kalian maka akan semakin tinggi juga rank yang kalian miliki dan tentu saja akan semakin sulit juga musuh yang akan kalian hadapi.

Para player yang tersedia di in-game akan terus diupdate secara real time sesuai dengan statistik pemain bola didunia nyata.

Sebagai contoh jika C. Ronaldo mengalami penurunan statistik di dunia nyata karena faktor umur maka di game eFootball™ juga statistik player tersebut akan berkurang.

eFootball™ memerlukan kondisi koneksi internet yang stabil jika ingin bermain di mode vs player

eFootball™ sendiri menyajikan banyak sekali konten yang unik dan menarik serta akan terus di update setiap seminggu sekali dalam bentuk event.

Isi hadiah dari event mingguan tersebut sangat beragam dimulai dari player yang memiliki statistik tinggi hingga mata uang game tersebut yang berguna untuk membeli item in-game yang menarik.

Terakhir dari game ini adalah kalian bisa meracik sendiri statistik para playernya sesuai dengan keinginan diri sendiri, contohnya bisa kalian baca di artikel sebelumnya yang membahas mengenai racikan K. Mbappe di eFootball™.

#5 Ni No Kuni : Cross Worlds

ni no kuni
SC : cisabipedia

Bukan rekomendasi rasanya jika tidak mencantumkan game kesukaan saya pribadi didalamnya.

Ni No Kuni : Cross Worlds sangat wajib untuk dicoba sebagai salah satu game online gratis, jika kalian mengenal Studio Ghibli salah satu studio anime terbaik mungkin kalian sudah tidak asing ketika melihat game yang satu ini meskipun hanya sekali lihat.

Game ini memiliki visual ala-ala Studio Ghibli dan komposer untuk suara serta sound effect dari seluruh konten yang ada di game ini di handle oleh komposer terbaik yaitu Joe Hisaishi.

Sangat mewah bukan?

Untuk gameplaynya sendiri sangat beragam karena banyaknya konten yang bisa kalian mainkan, tapi secara garis besar game ini bergenre MMORPG yang dimana CP adalah tolak ukur dari kekuatan suatu karakter yang dimainkan oleh kalian.

(untuk cara meningkatkan CP Ni No Kuni : Cross Worlds kalian bisa baca artikel sebelumnya) 

Sederhananya Ni No Kuni : Cross Worlds adalah game RP yang memiliki visual dan sound effect yang mewah.

Gameplaynya yang santai dan tidak memerlukan waktu berlebihan untuk memainkannya menjadikan Ni No Kuni : Cross Worlds sangat cocok untuk kalangan mahasiswa dan pekerja

Semakin banyak teman kalian yang bermain game ini tentu saja akan semakin seru untuk dimainkan karena kalian bisa membangun sebuah klub atau squad sebagai kingdom yang kalian miliki.

Terlebih kalian bisa mengajukan perang dengan kingdom lainnya sehingga gameplay dari Ni No Kuni : Cross Worlds akan semakin bervariasi.

#6 Harvest Town

harvest town
SC : gamerbraves.com

Harvest Town mirip seperti Stardew Valley hanya saja game yang satu ini dapat kalian unduh secara gratis melalui Play Store.

Dasarnya persis sekali dengan Stardew Valley, kalian harus mengurus ladang pertanian yang luas dan mendapatkan keuntungan darinya untuk membangun ataupun membeli sesuatu.

Bedanya hanya pada isi konten, Harvest Town lebih beragam untuk konten yang tersedia di dalam game karena game yang satu ini hanya bisa diakses menggunakan paket internet alias online.

Banyak sekali event yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan sumber daya yang bisa membantu keberlangsungan gameplay.

Karena kebanyakan konten, Harvest Town menampilkan visual yang kurang menarik

Karena banyaknya event dan konten-konten yang lainnya sehingga layar dipenuhi dengan tombol-tombol yang tidak ada relavansinya dengan gameplay, berbeda dengan Stardew Valley yang menampilkan visual sederhana dan bersih.

Saya pribadi melihat visual Harvest Town malah teringat dengan game Ragnarok yang identik dengan tombol-tombol yang hampir menutupi layar.

Mengesampingkan hal itu, Harvest Town masih seru untuk dimainkan.

List game online diatas adalah game yang pernah saya mainkan cukup lama dan beberapa darinya masih tetap saya mainkan hingga sekarang.

Rata-rata game yang saya cantumkan di atas adalah game yang berukuran kecil sehingga sangat cocok untuk handphone kelas menengah.

About the Author

Penulis Blog sejak 2015.
Join the conversation
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.