Membutuhkan supplier kain batik terbaik? Pesan Sekarang!

Rekomendasi Game MMORPG yang Ramai di Mainkan

Berikut rekomendasi game bergenre MMORPG yang masih layak dan ramai dimainkan oleh para gamers ditanah air.
game_mmorpg
© CisabiPedia | Rekomendasi Game MMORPG

Game MMORPG akhir-akhir ini seolah menjadi trend yang hangat dibicarakan dan dimainkan oleh sebagian besar gamers.

Berbagai macam jalan cerita dan konsep yang diangkat oleh para developer untuk membangun sebuah game bergenre MMORPG menjadi alasan utama banyak sekali gamers yang senang untuk memainkannya.

Tercatat dari tahun 2020 lalu, Google Play store telah merilis banyak sekali game-game bergendre MMORPG yang cukup responsif untuk handphone midle class.

Menurut saya pribadi game yang memiliki genre ini tidak akan pernah padam karena pasarnya yang sangat luas khususnya di Asia.

Terlebih untuk memainkannya juga sangat fleksible, tidak terlalu serius dan tidak begitu kompetitif jika playernya memilih gameplay yang demikian.

MMORPG adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game yang jika diartikan dengan sederhana adalah permainan peran online yang dapat diakses secara masal.

Kalian akan memerankan suatu karakter yang telah dipilih diawal permainan dan akan melakukan perjalanan dan petualangan dengan katakter tersebut sesuai dengan jalan cerita dari game itu sendiri.

Untuk saat ini di perangkat mobile atau handphone terdapat banyak sekali game yang memiliki genre MMORPG yang sangat seru untuk dimainkan. Artikel ini akan merangkum beberapa game bergenre MMORPG yang saat ini masih ramai untuk dimainkan.

4 Rekomendasi Game MMORPG

Sebetulnya ada ribuan bahkan jutaan game MMORPG yang dapat kalian unduh secara gratis di Play Store, namun game-game tersebut belum tentu memiliki player yang banyak dan ramai dimainkan.

Dari pengalaman saya pribadi setelah mencoba berbagai game mobile khusunya untuk genre MMORPG, hanya ada beberapa yang ramai dan patut untuk dicoba.

Berikut rangkumannya.

Diablo Immortal

diablo immortal
Sc : Google

Game yang satu ini memiliki kualitas grafik yang bagus dan unik serta mengusung visual ala-ala abad pertengahan yang dilanda oleh apocalypse.

Jika kalian pernah memainkan game Diablo Immortal II dan Diablo Immortal III, mencoba game ini adalah pilihan yang sangat tepat karena game ini diciptakan untuk menceritakan apa yang tidak diceritakan pada game Diablo Immortal II dan Diablo Immortal III.

Namun diawal perilisannya game ini mendapatkan kritikan pedas dari para gamer karena dicap sebagai game pay-to-win yang artinya para pemain harus membayar jika ingin menang.

Saya sendiri tidak bisa menutup fakta ini karena memang micro transaction pada game ini menjadi sorotan para gamer.

Namun bukan berarti seluruh alur cerita mengharuskan para playernya melakukan pembelian untuk menyelesaikannya, kalian tetap masih bisa memainkannya secara gratis dan mampu mengembangkan karakter secara signifikan, akan tetapi tanpa melakukan top-up atau pembelian in-game tidak akan menjadikan yang terkuat didalam game dan tentu saja membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menumbuhkan suatu karakter.

Cukup adil menurut saya pribadi, terlepas dari isu yang beredar, saya masih betah memainkan game ini karena gameplay dan visualnya yang unik.

Related Posts

Ni No Kuni : Cross Worlds

ni no kuni
Sc : Google

Jika kalian penyuka Studio Ghibli, saya sangat menyarankan untuk memainkan game yang satu ini.

Ni No Kuni : Cross World digadang-gadang sebagai game dari Studio Ghibli karena visualnya yang sangat mirip bahkan karakter utama yang bisa kalian mainkan juga adalah karakter yang ada di setiap film dari Studio Ghibli.

Sebagai contoh katakter Swordsman, karakter ini adalah Howl pada film Howl's Moving Castle yang menjadi film terkenal dari Studio Ghibli. Dari gaya rambut, wajah, hingga baju yang digunakan hampir mirip 100%.

Game ini juga pada awalnya mendapatkan rating yang buruk di Play Store karena dicap sebagai pay-to-win.

Saya sendiri sempat kecewa dengan game yang satu ini, hal yang membuat para gamers merasa kecewa termasuk saya sendiri adalah game ini terlalu memeras para playernya.

Diawal perilisan game ini sangat banyak sekali gamer yang penasaran akan isi dari game yang satu ini hingga server menjadi penuh dan untuk memasuki gamenya para gamer harus menunggu antrian hingga berjam-jam.

Alih-alih membesarkan server, Netmarble selaku publisher dari game ini malah menawarkan pembayaran untuk player yang ingin memasuki game ini lebih awal.

Hasilnya mereka yang kecewa akan keputusan ini justru memberikan rating bintang satu pada game ini di Play Store.

Untungnya developer dan publisher Ni No Kuni : Cross Worlds mendengar keluhan para pemainnya dan segera memperbaiki kesalahan tersebut.

Hingga akhirnya saya sebagai player gratisan dapat memiliki CP yang tinggi dan mampu bersaing dengan orang lain.

cp ni no kuni
Dokumen Pribadi

Dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai cara meningkatkan CP Ni No Kuni : Cross Worlds, CP (Combat Point) diartikan sebagai jumlah total kekuatan yang dimiliki oleh suatu karakter yang dikumpulkan dari berbagai aspek seperti :

  • Senjata
  • Defense
  • Perhiasan
  • Orb
  • Familiar
  • Pets

Semakin banyak CP yang dimiliki maka kekuatan suatu karakter semakin tinggi.

Genshin Impact

genshin impact
Sc : Google

Karakteristik game ini terdapat dari visul ala-ala anime yang mengusung latar isekai.

Beberapa tahun terakhir Genshin Impact menjadi sorotan gamer untuk kategori MMORPG karena gameplaynya yang unik serta bisa menjelajahi seluruh map secara bebas alias Open World.

Sebelum rilisnya game ini, sebagian besar platform penyedia aplikasi hanya dipenuhi dengan game-game yang sederhana dan ringan.

Berbeda dengan pengembang dari game lain, HoYoverse selaku pengembang dari game Genshin Impact berani mendongkrak pasar game di dunia dengan merilis game berat bervisual tinggi khusus untuk kalangan smartphone menengah keatas.

Antusiasme game tanah air menjadikan game ini popular dan mendapat label game keren untuk kelas mobile.

Tidak perlu diragukan lagi mengenai detail dari visual yang disajikan oleh Genshin Impact. Dimulai dari efek skill hingga percikan air terlihat sangat nyata dan memanjakan mata.

Tidak hanya visual yang menjadi senjata pamungkas dari Genshin Impact, jalan cerita yang unik dan penuh plot tiwst menjadikan game ini layak menyandang gelar game terbaik dikelasnya.

Tower of Fantasy

tower of fantasy
Sc : Google

Secara garis besar, game yang satu ini mirip dengan Genshin Impact namun game ini lebih kompatibel untuk dimainkan oleh smartphone kelas menengah.

Dari segi konten Tower of Fantasy lebih sederhana, bagi player pemula didunia MMORPG akan lebih mudah untuk memahami game ini.

Tower of Fantasy dirilis secara global di perangkat komputer dan mobile pada 11 Agustus 2022 lalu.

Meskipun pada awal rilisnya game ini mendapatkan rating yang jelek di Google Play Store mengenai keidentikan karakter dan beberapa hal lainnya yang dianggap sama persis dengan Genshin Impact, Tower of Fantasy sebenarnya masih memiliki konten original yaitu sistem PVP yang unik.

Mode PVP di game ini menjadi salah satu destinasi terbaik untuk para playernya karena kekuatan karakter yang dimiliki dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satu contohnya adalah dengan sekedar menjalankan misi utama game ini.

Disisi lain, kombo kekuatan karakter Genshin Impact lebih sederhana karena tidak perlu bergonta-ganti karakter untuk sekedar menyebabkan efek kombo skill.

Per artikel ini dipublish, Tower of Fantasy masih ramai dimainkan oleh para gamer di tanah air. Alasanya sederhana karena sistem PVP yang dijadikan senjata pamungkas oleh game ini masih fair untuk diikuti oleh player free-to-win.

Dari daftar game MMORPG diatas seluruhnya masih banyak yang memainkannya, komunitas-komunitas disetiap game pada list diatas juga masih sering terlihat disosial media manapun seperti Facebook, Discord, Instagram, dan yang lainnya.

Dan tentunya saya merekomendasikan game MMORPG diatas didasari oleh pengalaman saya pribadi setelah memainkan berbagai macam game bergendre MMORPG.

About the Author

Penulis Blog sejak 2015.
Join the conversation
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.