Membutuhkan supplier kain batik terbaik? Pesan Sekarang!

Cara Jitu Meningkatkan CP Ni No Kuni : Cross Worlds

Cara paling jitu untuk meningkatkan CP atau Combat Point Ni No Kuni : Cross Worlds dengan sangat mudah.
cara_meningkatkan_cp_ni_no_kuni
© CisabiPedia | Cara Meningkatkan CP Ni No Kuni

Pada dasarnya CP adalah singkatan dari Combat Point di Game Ni No Kuni : Cross Worlds yang dihitung dari jumlah kekuatan equipment, familiar, pets, dan banyak lainnya.

Bukan hanya di Ni No Kuni : Cross Worlds saja CP berlaku, rata-rata game MMORPG memberlakukan CP meskipun dengan bahasa yang berbeda. 

Di game yang memiliki genre yang berbeda biasanya memerlukan rank untuk mengklasifikasikan peringkat pada server, nah untuk game genre MMORPG sendiri menggunakan CP sebagai tolak ukurnya.

Sebagai seorang player MMORPG, saya melihat CP sebagai tolak ukur jumlah damage. Semakin tinggi CP yang dimiliki maka akan semakin tinggi juga damage yang dihasilkan, hal itu akan sangat berguna untuk PVP dengan orang lain. 

Disisi lain CP berguna untuk menyelesaikan quest, baik itu main quest ataupun side story. Tidak jarang quest yang memerlukan minimum CP yang cukup jauh dengan CP yang saat ini dimiliki. 

Sepenting itu CP di Ni No Kuni : Cross Worlds!

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya, salah satunya adalah dengan melakukan upgrading item atau equipment. Namun diartikel kali ini saya akan menjabarkan lebih khusus tentang bagaimana meningkatkan CP di Ni No Kuni : Cross Worlds sesuai dengan pengalaman saya pribadi.

Cara Meningkatkan CP Ni No Kuni : Cross Worlds

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membantu kalian dalam meningkatkan CP termasuk menaikan level juga bisa membantu menaikan CP yang cukup besar.

Saya akan mencantumkan faktor apa saja yang bisa membantu menaikan CP di bawah ini :

  • Upgrade, hasil analisis saya selama bermain game ini cukup banyak termasuk saya berhasil mengenal yang namanya upgrade. Ada 3 hal yang bisa kalian upgrade seperti equipment, familiars, pet.
  • Enchant, fitur ini disemua game MMORP pasti ada meskipun berbeda bahasa. Yang intinya enchant adalah suatu proses meningkatkan kekuatan suatu hal mau itu equipment ataupun familiars.
  • Awaken, ini hanya berfungsi untuk equipment dan familiars saja. Singkatnya jika kalian memiliki 2 item yang sama persis, kalian bisa menggabungkannya menjadi satu dan hasilnya item tersebut akan dibangkitkan.

Ketiga faktor diatas membantu meningkatkan CP dengan jumlah yang sangat besar. Sebagai contoh saja jika kalian sudah mencapai enchantement ke 30 maka setiap kali kalian berhasil enchant akan menambahkan CP sebesar 9.000.

sukses enchant
Hampir mencapai angka 10.000 :D

Namun semakin tinggi enchantement suatu item maka akan semakin sulit juga untuk meningkatkannya karena persentase kemungkinan berhasil akan semakin turun, hal ini tidak berlaku untuk enchant familiar.

Untuk familiar hanya akan bisa di enchant hingga 300 tapi ada faktor lain yang bisa membuat familiar dapat di enchant hingga 300+ Yaitu dengan cara meningkatkan Bonding Tree.

Related Posts

Layaknya memelihara seekor binatang peliharaan, untuk membuatnya menjadi besar ada proses yang namanya memberikan makan. Hal itu berlaku untuk Bonding Tree.

Bonding Tree dapat ditingkatkan dengan cara memberinya kekuatan atau simplenya memberikannya makan dengan Familiars Bintang 6.

Saya sendiri meningkatkan Bonding Tree dengan cara memberikannya makan menggunakan familiars bintang 3 yang di upgrade atau evolve ke bintang 6 terlebih dahulu.

bonding tree menggunakan familiar bintang 3
Bisa kalian lihat saya menggunakan Familiars bintang 3

Karena saya masih membutuhkan familiar bintang 6 untuk awaken familiar yang sama.

Kasarnya, itu adalah jalan tikus untuk terus meningkatkan Bonding Tree. 

Cara ini akan menghabiskan Territe dengan jumlah yang besar

Betul, karena untuk meningkatkan jumlah bintang suatu item termasuk familiar kalian membutuhkan Territe sebagai salah satu syaratnya.

1. Atur Penggunaan Territe

Hal yang paling utama yang perlu dilakukan adalah mengatur penggunaan Territe jika kalian akan menggunakan cara seperti saya. 

Tidak perlu power up Bonding Tree setiap hari, saya sendiri mengaturnya per minggu dan hal itu cukup berpengaruh besar.

Selama hari untuk meningkatkan Bonding Tree belum tiba saya biasanya mengumpulkan Territe dengan berbagai cara seperti berikut :

  • Menggunakan energy drink, energy drink cukup berguna untuk meningkatkan drop rate sebanyak 700% dari biasanya. Kombinasi yang sempurna adalah menggunakan energy drink saat sedang AFK AI di Chaos Field.
  • Menambang, mungkin tidak alami mengatakannya sebagai menambang Territe, tapi itulah yang terjadi. Menambang Territe bisa dilakukan hanya di Familiars Adventures. 
  • Daily quest, setiap hari tepatnya jam 1 siang WIB server akan mereset seluruh konten yang ada termasuk daily quest. Saya sendiri memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan tambahan territe.
  • Event, banyak sekali event yang hadiahnya memberikan banyak territe, ini sangat berguna sekali untuk menambah territe secara tidak langsung.

Untuk energy drink biasanya saya mendapatkan sekitar 100-200 Territe selama 150 menit karena saya tidak memaksakan untuk menggunakan energy drink lebih dari 5 botol.

Energy drink hanya bisa digunakan ketika didalam Chaos Field saja, dan itu tidak menjadi masalah karena Chaos Field sendiri memberikan Territe sebagai hadiah drop nya.

Semakin tinggi level yang kalian miliki maka akan semakin tinggi juga jumlah Territe yang bisa kalian dapatkan, hal ini berlaku untuk menambang Territe di Familiars Adventures

Seminggu terakhir saya berhasil mendapatkan Territe sekitar 3.000 dari hasil faktor yang saya sebutkan diatas.

jumlah territe
Jumlah total 3.107

Dengan begitu kalian akan lebih leluasa untuk enchant item, familiar, upgrade, evolve, hingga memperkuat Bonding Tree karena persediaan Territe yang dimiliki sangat banyak.

Perlu diingat bahwa Chaos Field menentukan aturan mainnya, seperti yang dijabarkan oleh website resminya Netmarble selaku publisher dari game ini yaitu jangan leveling dengan monster yang memiliki jarak sebanyak 8 level dibawah atau diatas karakter

aturan gap level
Gap level dengan monster adalah 7

Untuk lebih jelasnya kalian bisa membacanya langsung pada  forum Netrmarble.

Saya sendiri biasanya langsung menghabiskan Territe yang telah terkumpul untuk beberapa hal seperti upgrade, enchant, hingga power up Bonding Tree.

Sebenarnya Territe sangat berguna untuk segala hal di Ni No Kuni : Cross Worlds, termasuk untuk hal-hal seperti upgrade, enchant, dan yang lainnya.

Syarat untuk upgrade sesuatu tidak hanya membutuhkan Territe saja, jika kalian ingin mengupgrade suatu item maka kalian harus menyediakan upgrade stone namun jika kalian ingin mengupgrade (evolve) familiars maka kalian membutuhkan satu item lagi yang bernama upgrade fruits.

2. Mengumpulkan Upgrade Stone & Upgrade Fruits

Mengumpulkan kedua item ini cukup mudah, yaitu dengan cara mengklaimnya di menu Power Up.

Ada 3 kategori untuk yang ada di dalam Power Up, ada yang menghasilkan uang, Upgrade Stone, dan Upgrade Fruits. Semuanya bisa diklaim setiap hari setelah server mereset konten.

Mungkin tidak perlu dijelaskan lebih jauh soal ini karena didalam gamenya sendiri sudah dijelaskan melalui main quest. Jika kalian belum mendapatkan tutorial tersebut, saya sarankan untuk memainkan main quest terlebih dahulu karena hal ini benar-benar penting dan sangat berguna untuk perkembangan karakter.

Ada cara lain untuk mendapatkan kedua item ini yaitu dengan cara melakukan raid Field Boss setiap harinya, jika kalian menekan menu Filed Boss maka kalian akan menemukan jadwal boss akan keluar.

Untuk Field Boss sendiri akan hadir pada jam 10 pagi, 4 sore, 10 malam, dan 4 pagi WIB. Persiapkan karakter kalian untuk mengikuti raid ini. Bukan hanya item untuk upgrading saja yang akan kalian dapatkan akan tetapi kalian juga akan mendapatkan beberapa item menarik lainnya seperti kalung, cincin, anting, dan buku skill.

aksesoris ni no kuni
Ternyata banyak rarenya :)

Aksesoris tersebut memberikan skill unik yang khususnya berguna untuk memberikan lebih banyak damage yang dihasilkan dan tentu saja akan sangat berguna untuk meningkatkan CP. 

Dan yang paling spesial jika kalian mengikuti raid Field Boss adalah kalian akan mendapatkan enchant stone untuk seluruh equipment.

Item ini sangat berguna untuk meningkatkan enchantement equipment yang kalian miliki karena selain Territe kalian juga membutuhkan enchant stone untuk meningkatkannya.

Semakin banyak enchant stone yang kalian miliki, akan semakin banyak juga kemungkinan CP yang kalian dapatkan. Namun harus melalui proses enchant dulu sih hehe... 

3. Mengumpulkan Enchant Stone

Rutin saja melakukan raid Field Boss setiap harinya selama seminggu sudah pasti kalian akan mendapatkan banyak sekali enchant stone.

Ada lebih dari satu boss yang bisa kalian kalahkan pada saat raid, namun mereka hanya akan ngedrop 1 enchant stone saja.

reward field boss
Main reward raid boss

Hal itu tidak terlalu menjadi masalah mengingat Field Boss dalam sehari ada 4 kali seperti yang saya katakan sebelumnya yaitu pada jam 10 pagi, 4 sore, 10 malam, dan 4 subuh.

Minimal kalian melakukan raid sehari 2 kali saja sudah pasti mendapatkan enchant stone dengan jumlah besar jika dilakukan terus selama satu minggu.

Enchant item jangan terlalu sering, seminggu sekali adalah pilihan yang bagus

Ini adalah trik yang biasa saya gunakan agar mendapatkan kemungkinan enchant berhasil lebih besar daripada biasanya, saya akan menempa item setiap satu minggu sekali. Tidak tahu alasannya dengan jelas namun dengan begini saya memiliki kemungkinan lebih besar berhasil menempa dibandingkan menempa item setiap hari. 

Karena jika terlalu sering gagal maka item akan rusak dan hal itu akan mengurangi CP, bukannya menambah CP malah jadi turun. Rugi kan?

Dan satu lagi, saya selalu enchant barang ditempat yang sepi atau jika kalian sudah mencapai enchantement 20+ maka tunggu saja sampai Javier Brother sepi karena semakin ramai tempat tersebut maka akan semakin sulit untuk meningkatkan level enchantement.

Saya termasuk player lama namun sempat berhenti hampir 1 tahun lebih karena sibuk mengurus persiapan untuk kuliah, saya sempat berpamitan kepada seluruh member kingdom untuk berhenti sejenak karena akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa bulan terakhir saya bermain kembali, dan kingdom sudah bubar lama. Saya pun tidak terlalu memikirkannya dan memulai kembali apa yang biasa saya lakukan seperi contohnya raid Field Boss. 

Dan mengejutkannya saya bertemun dengan teman lama saya ketika di kingdom, mereka masih aktif bermain dan masih ingat saya serta masih ingat alasan saya berhenti sejenak. Mereka menanyakan kabar dan bagaimana kuliah saya, kebetulan mereka itu orang Philipina. 

Itu membuat saya terharu... 

... 

Udah lah kita skip aja, gapenting. 

Berbicara mengenai player lama, dulu sebelum adanya boneka untuk mengantisipasi terjadinya penurunan enchantement karena gagal enchant, saya selalu takut untuk enchant khususnya di enchantement 20+ karena mau tidak mau ketika gagal maka level enchantement akan menurun 1 level secara otomatis.

Hal tersebut tidak berlaku lagi sekarang, itu juga berlaku untuk kalian yang membaca tutorial ini. Menggunakan boneka untuk mengantisipasi penurunan level enchantement adalah hal yang sangat sangat sangat wajib dilakukan guna mengantisipasi penurunan CP.

Miraculous Warding Doll sangat berperan penting untuk menambahkan CP.

Sebenarnya ada banyak sekali hal-hal kecil yang membantu meningkatkan CP Ni No Kuni : Cross Worlds. Melengkapi vistas juga bisa membantu menambahkan CP kalian tetapi dengan jumlah yang kecil makanya saya tidak memasukannya kedalam tutorial disini.

Melengkapi record, soul stone, join kingdom, dan menemukan chest yang tersembunyi adalah hal yang dapat menaikan CP juga namun seperti yang saya katakan diatas yaitu dengan jumlah yang kecil malahan tidak sampai 1.000 CP, rata-rata memberikan 300-500 CP saja.

Cara Menghindari Pengurangan CP Ni No Kuni : Cross Worlds

Ada beberapa faktor yang saya ketahui tentang apa saja yang bisa mengurangi CP kalian, sebagian sudah saya tulis diatas monggo diabaca ulang...

Hal yang berdampak besar dalam pengurangan CP adalah melakukan PK dilokasi yang dilarang melakukan PK alias mengeliminasi player lain diaera terlarang.

Sempat saya tidak sengaja mengeliminasi player lain diarea terlarang dan hasilnya secara otomatis CP saya berkurang sebanyak 70.000 dan hukuman yang sangat menyebalkan.

Meskipun saya pribadi sebenarnya tidak mau menjelaskannya karena sakit hati namun hal ini perlu disampaikan.

Hukuman terlalu sering melakukan PK atau melakukan PK diarea terlarang adalah masuk daftar buron. 

daftar buronan game ni no kuni
Ketiga player diatas adalah calon bulan-bulanan player

Biasanya karakter yang diberi hukuman masuk daftar buron akan mendapatkan lencana khusus diatas kepalanya yang dimana karakter tersebut akan menjadi bulan-bulanan player gabut.

Bagaimana tidak? Ketika kalian mengeliminasi player buron, kalian tidak akan mendapatkan hukuman sama sekali malahan kalian akan diberikan notifikasi telah mengeliminasi player dan itu akan disiarkan secara global.

Memang tidak ada untungnya, namun cukup seru juga untuk mendapatkan notifikasi tersebut karena biasanya player lain akan menertawakannya dan ikut memburu player buron tersebut.

Ruginya tentu saja kepada si buronan yang terhormat tersebut, dia tidak akan tenang dan tidak memiliki waktu untuk farming karena habis di massa warga.

Hal itu akan menghambat proses tumbuhnya CP.

About the Author

Penulis Blog sejak 2015.
Join the conversation
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.