Membutuhkan supplier kain batik terbaik? Pesan Sekarang!

Analisis Dark Sistem Moonton [Studi Kasus]

Berikut analisa terhadap dark sistem Moonton yang tengah ramai di perbincangkan oleh para player Mobile Legends : Bang Bang.
dark_sistem_moonton
© CisabiPedia | Dark Sistem Moonton

Beberapa tahun terakhir kasus ini ramai di perbincangkan oleh para player Mobile Legends : Bang Bang.

Banyak yang mengeluhkan terkait adanya dark sistem yang menyebabkan kesenjangan saat bermain game seperti satu tim dengan bot, mendapatkan musuh yang memiliki perbedaan yang jauh dalam segi rank, dan banyak lainnya.

Saya sendiri sangat tertarik dengan fenomena yang satu ini karena hampir seluruh player Mobile Legends : Bang Bang meyakini akan adanya “kecacatan” sistem Moonton.

Pada awalnya saya sendiri sekedar mencari tahu mengenai fenomena dark sistem ini melalui sosial media Mobile Legends : Bang Bang, dari akun official nya di Facebook, sang admin menyangkal akan adanya dark sistem tersebut.

Saya lupa tidak mengambil screenshot nya, maaf.

Namun, saya tidak mempercayai nya begitu saja karena saya sendiri sudah mengalami fenomena aneh ini. 

Benarkah Dark Sistem Moonton itu Ada?

Saya akan terus terang saja.

Sebelum ramai tentang eSport-eSport an, Mobile Legends : Bang Bang hanyalah sekedar game sederhana biasa yang di mana para pemain yang memainkannya hanya sekedar untuk melepas penat belaka.

Gameplay yang sederhana dan ringan menjadikan Mobile Legends : Bang Bang cepat naik kepermukaan pasar game di Indonesia hingga akhirnya banyak orang yang memainkannya di mulai remaja, anak-anak, hingga orang dewasa turut meramaikan game yang satu ini.

Hingga pada akhirnya ada seorang pemuda yang berhasil menduduki peringkat pertama untuk server Global game ini, yakni tidak lain dan tidak bukan adalah JessNoLimit.

Hal ini sontak menjadi pembahasan yang hangat untuk pemberitaan nasional, JessNoLimit bahkan hingga di wawancarai oleh sejumlah media besar tanah air. Hal itu menyebabkan melambungnya nama JessNoLimit sebagai top rank Global di game Mobile Legends : Bang Bang.

Tentu saja JessNoLimit orang yang sangat cerdas, dia langsung membuat kanal YouTube nya untuk menunjukan skill bermain yang dia miliki. Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jumlah viewer yang banyak karena dia sendiri sudah popular di tanah air khususnya untuk kalangan gamer Mobile Legends : Bang Bang.

Hal itu menjadikannya orang yang sukses dari jalur bermain game, keberuntungan yang sangat istimewa.

Melihat kesuksesan dari JessNoLimit, masyarakat Indonesia berbondong-bondong mencoba peruntungannya dengan cara yang JessNoLimit lakukan yaitu menjadi seorang top global.

Hal ini menjadikan Mobile Legends : Bang Bang menjadi game yang cukup serius seperti penentuan posisi untuk role hero, penentuan hero yang boleh menggunakan spell retribution, dan banyak aturan-aturan serta bahasa-bahasa aneh lainnya yang menurut saya sendiri itu sekedar teori belaka.

Related Posts

Sebelum adanya hal-hal aneh yang di buat-buat itu, Mobile Legends : Bang Bang dengan seisi tim menggunakan spell retribution bukanlah hal yang haram, bahkan gameplay terasa sangat ringan dan baik-baik saja.

Aji mumpung ini terus berlangsung, mereka yang memiliki budget langsung membuatkan tim eSport yang di maksudkan untuk mencari keuntungan di tengah ramainya permainan yang satu ini.

Konyolnya, banyak sekali oknum tim eSport yang merekrut manusia yang belum bisa berpikir baik hingga akhirnya eSport Mobile Legends : Bang Bang di penuhi dengan drama-drama kekanak-kanakan nya seperti berantem, soal wanita, dan banyak lainnya.

Hal ini menyebabkan seluruh komunitas Mobile Legends : Bang Bang menjadi toxic karena mencontoh para “proplayernya”.

Kalimat-kalimat baru semakin bermunculan seiring bertambahnya popularitas eSport Mobile Legends : Bang Bang di tanah air, dan parahnya kalimat-kalimat aneh yang di jadikan sebagai acuan ini di susupi oleh bahasa-bahasa yang kurang baik.

Penghinaan dan rasisme adalah hal yang sangat melekat bagaikan urat nadi untuk game Mobile Legends : Bang Bang. 

Kian hari aturan-aturan konyol kian bertambah, liarnya para pemain sudah tidak bisa di kontrol seakan mereka mendapatkan kebebasan untuk mencaci maki.

Ya, tidak perlu di sebutkan akarnya darimana. Silahkan nonton YouTube saja.

Hal ini mengakibatkan sebagian player setia berhenti untuk memainkan game ini, segala cara Moonton lakukan seperti mengadakan event untuk mengundang player lama, atau hal-hal lainnya yang berbau mengundang pemain baru atau pemain lama.

Usaha yang mereka lakukan tidak begitu berhasil, hingga ujungnya Moonton sendiri mengalami penurunan player yang cukup signifikan.

Tentu saja sistem matchmaking menjadi terhambat karena penurunan jumlah player dari biasanya.

Pengoptimalan yang dilakukan Moonton tidak mampu membuahkan hasil yang maksimal, hingga pada ujungnya mau tidak mau Moonton harus menambahkan bot sebagai pengganti dari tim yang kekurangan player.

Dan hal ini di kenal dengan dark sistem.

Ini adalah hasil dari observasi langsung yang saya lakukan dengan memainkan game ini penuh waktu selama 1 tahun lebih untuk mencari kebenaran di balik dark sistem Moonton.

Saya cukup percaya diri untuk mengatakan bahwa dark sistem di game Mobile Legends : Bang Bang benar adanya, namun hasil yang saya temukan tentunya berbeda dengan para YouTuber yang membahas mengenai hal yang sama dengan ini.

Beberapa YouTuber mengatakan bahwa dark sistem Moonton adalah sistem yang membuat para player kalah dengan diberikan musuh-musuh yang sangat ahli.

Menurut saya pribadi itu tidak salah, sama sekali tidak. Namun, kurang tepat saja.

Dark sistem hanyalah bahasa yang para player Mobile Legends : Bang Bang gunakan, sama halnya dengan kasus yang saya sebutkan diatas tadi tentang peraturan konyol Mobile Legends : Bang Bang.

Bukan kalimat yang resmi dari Moonton, makanya pihak Moonton menolak keras akan adanya dark sistem ini.

Tetapi jika mereka membaca artikel yang saya jabarkan ini dari pengalaman saya pribadi, mungkin mereka tidak akan mengelak karena hal ini benar-benar adanya.

Kesimpulan

Dark sistem Moonton pada game nya yaitu Mobile Legends : Bang Bang memang benar adanya, isu-isu mengenai dark sistem yang berkeliaran di sosial media juga adalah benar dan tidak salah.

Namun, dari studi kasus yang saya lakukan untuk beberapa tahun terakhir, saya mendapatkan jawaban yang cukup berbeda dengan yang lainnya.

Dark sistem yang saya temukan adalah proses matchmaking yang berbeda dengan Mobile Legends : Bang Bang pada era dulu. Untuk sekarang karena kurangnya player aktif di in-game maka mau tidak mau pihak Moonton menambahkan bot sebagai pelengkap dari kekurangan player di dalam tim.

Penamaan dark sistem juga bukan resmi dari Moonton sendiri melainkan dari para pemainnya juga yang mencoba menelaah lebih lanjut mengenai sistem yang menyebabkan diri mereka sendiri selalu kalah di luar dari kemampuan yang mereka miliki.

Sistem ini memang sangat tepat di sebut sebagai dark sistem, saya pribadi tidak pernah mempermasalahkannya mau disebut sebagai dark sistem, white sistem, atau yang lainnya.

Namun perlu diketahui, hasil dari studi kasus ini adalah untuk memecahkan permasalahan mengenai “dark sistem” yang mereka bilang.

About the Author

Penulis Blog sejak 2015.
Join the conversation
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.